KOMITMEN PT REKADAYA ELEKTRIKA DI BIDANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

KOMITMEN PT REKADAYA ELEKTRIKA DI BIDANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

Tuesday, 10 April 2018 {ref_title}

Bekerja di lingkungan listrik adalah pekerjaan yang beresiko tinggi. Tenaga kerja benar-benar dituntut untuk paham benar dengan prosedur dan aturan tentang K3 di bidang kelistrikan. Banyak tenaga kerja yang sebelumnya mengabaikan aturan yang berkaitan dengan K3. Dengan berlakunya kampanye "Zero Accident" baik tenaga kerja maupun manajemen harus benar-benar patuh. Nol Kecelakaan Kerja adalah kampanye PT. PLN (Persero) di dalam upaya menekan jumlah angka kecelakaan kerja yang terjadi baik di lingkungan wilayah PT. PLN maupun dengan mitra kerja. Kampanye ini adalah wujud PLN di dalam mematuhi apa yang tercantum di UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja.

PT. Rekadaya Elektrika sebagai bagian dari PT. PLN (Persero) dan PT. PJB berkomitmen penuh untuk melaksanakan prosedur dan aturan K3. Sesuai instruksi Dewan Direksi PT Rekadaya Elektrika dalam pelaksanaan setiap project yang dilaksanakan harus selalu mengimplementasikan SOP K3 yang baik dan benar, salah satunya adalah Rekadaya Elektrika tak segan-segan untuk menghentikan pekerjaan jika ada tenaga kerja yang tidak memakai alat pelindung diri yang lengkap. Di samping itu, PT Rekadaya Elektrika memberikan aturan yang sangat ketat kepada mitra kerja. Salah satunya demi mewujudkan kampanye "Zero Accident" mitra kerja harus memiliki tenaga ahli K3 di bidang listrik. Hal ini berfungsi untuk mengawasi setiap pekerja yang di lapangan agar benar-benar mematuhi K3. Di samping penggunaan alat pelindung diri dan alat penunjang kerja di lapangan selalu dimonitor dan dicek kelayakannya.

Dalam lingkungan Perusahaan PT Rekadaya Elektrika, keselamatan karyawan merupakan prioritas tertinggi dan perusahaan selalu mengupayakan yang terbaik bagi karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi keselamatannya. Selain itu perusahaan juga memastikan bahwa seluruh karyawan menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur standar keselamatan yang sesuai dengan peraturan Perusahaan serta mengembangkan budaya keselamatan yang mendukung dan melibatkan peran aktif seluruh karyawan, subkontraktor, serta pihak lain yang melaksanakan aktivitasnya di area proyek. Komitmen sungguh – sungguh ini mendapatkan 2 penghargaan dari PLN UPP KITRING KALBAGTENG 4 dan Pemerintah Provinsi RIAU melalui Gubernur RIAU.

Mengawali tahun 2018, PT. Rekadaya Elektrika mendapatkan penghargaan juara 2 Kontrator dengan Implementasi K3 terbaik di lingkungan PLN UPP KITRING KALBAGTENG 4 pada tanggal 14 Februari 2018 di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Penghargaan ini diterima oleh Project Manager Pekerjaan Pembangunan 2 Line Bay dan 1 Bus Coupler, Gardu Induk 150 kV Batulicin Kalimantan Selatan, Jatmiko. Penghargaan yang diberikan membuktikan bahwa komitmen K3 berjalan dengan baik dalam pelaksaaan project Batulicin yang sedang dilaksanakan sekaligus menjadi bukti bahwa bekerja tidak hanya mengejar target perkembangan proyek namun juga meningkatkan aspek kesehatan dan keamanan yang baik.  Dengan semakin mengejar target, aspek K3 semakin penting.

Penghargaan yang kedua diterima melalui pelaksanaan proyek SUTT 275 KV Perawang – Garuda Sakti, PT Rekadaya Elektrika mendapatkan Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Awards) 2018 dari Pemerintah Provinsi Riau.  Proyek  SUTT Perawang  - Garuda Sakti  Dinilai berhasil melaksanakan standar produser K3 dan berhasil menekan angka kecelelakaan kerja (zero accident) sepanjang tahun 2018. Penghargaan tersebut diserahkan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor KPTS. 281/III/2018 Tanggal 29 Maret 2018 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)Tahun 2018. Anugerah diserahkan Kepada  Jaafar Dahlan selaku Project Manager, Yufirman selaku HSE Koordinator Site dan Kusworo Setyo Wibowo selaku Manajer QA/QC&LK3-2 Bisnis Transmisi pada malam puncak anugerah penutupan bulan K3 Nasional Tahun 2018 Provinsi Riau di Hotel Premiere Pekanbaru pada hari Jumat tanggal 6 April 2018.

Malam Anugerah K3 merupakan kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 yang dilaksanakan pada Bulan Maret setiap tahunnya oleh Pemerintah Provinsi Riau. Penghargaan ini adalah kali kedua yang diterima proyek SUTT 275kV Perawang – Garuda Sakti, setelah di tahun 2017 lalu menerima penghargaan serupa dari Pemerintah Provinsi Riau. Ini membuktikan bahwa PT. Rekadaya Elektrika memiliki komitmen untuk secara konsisten menerapkan ketentuan dan persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja didalam eksekusi proyek-proyeknya. Pencapaian ini juga menjadi momentum untuk kembali meneguhkan kesadaran kita semua betapa pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, serta perlindungan lingkungan. PT Rekadaya Elektrika termasuk dari 7 perusahaan yang mendapat penghargaan atas perolehan nihil kasus Kecelakaan Kerja dan didukung oleh kelengkapan peralatan maupun prosedur keselamatan yang baik hal ini dibuktikan dengan sertifikat keselamatan yang dimiliki oleh pelaksana kerja yaitu SIO (Surat Izin Operasi) maupun sertifikat yang lengkap untuk seluruh peralatan yang digunakan yaitu SILO (Surat Izin Laik Operasi). Jaafar Dahlan selaku Project Manager Proyek SUTT Perawang – Garuda Sakti mengatakan bahwa pencapaian zero accident pada K3 bukanlah akhir tetapi awal sebagai langkah yang harus terus diperbaiki dan dipertahankan secara baik dalam setiap pelaksanaan project PT Rekadaya Elektrika.

Tema pokok Bulan K3 Tahun 2018 adalah “Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa Yang Berkarakter”. Tema ini jelas menyiratkan bahwa salah satu elemen penting dalam upaya pembangunan karakter bangsa adalah berlakunya budaya K3 dilingkungan masyarakat kita. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap implementasi K3, PT Rekadaya Elektrika memiliki tanggung jawab untuk terlibat dalam upaya-upaya menciptakan lingkungan kerja yang menjamin terselenggaranya keselamatan dan kesehatan untuk pekerjanya. Awareness juga penting untuk dibangun, karena budaya tidak mungkin dibangun tanpa adanya kesadaran dari semua pihak yang terlibat. PT Rekadaya Elektrika akan selalu berkomitmen terhadap kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lingkungan perusahaan.  Penghargaan – penghargaan yang didapatkan menjadi motivasi untuk perusahaan lebih baik lagi dalam melaksaan standar dan prosedur K3 di wilayah kerja PT Rekadaya Elektrika. PT Rekadaya Elektrika juga mendorong semua pihak yang terkait berkewajiban berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya dibidang K3 secara terus menerus, berkesinambungan dan menjadikan K3 sebagai bagian budaya kerja disetiap kegiatan dan yang pasti dapat mempertahankan prestasi yang didapatkan saat ini sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas.

news & update

KOMITMEN PT REKADAYA ELEKTRIKA DI BIDANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

KOMITMEN PT REKADAYA ELEKTRIKA DI BIDANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

Tuesday, 10 April 2018 Event

Bekerja di lingkungan listrik adalah pekerjaan yang beresiko tinggi. Tenaga kerja benar-benar dituntut untuk paham benar dengan prosedur dan aturan tentang… read more ...

RAPAT KERJA TAHUN 2018

RAPAT KERJA TAHUN 2018

Tuesday, 03 April 2018 Event

RAPAT KERJA TAHUN 2018
PT REKADAYA ELEKTRIKA “READY TO FLY”

Ciawi, 20 Maret 2018 – Mengangkat tema “Ready To Fly”, PT Rekadaya Elektrika melakukan… read more ...

Whistle Blowing System

Whistle Blowing System

Saturday, 31 March 2018 News

"Setiap elemen PT Rekadaya Elektrika dapat menghindari tindakan illegal, menghindari penggunaan praktek yang tidak fair dan perilaku curang dalam pencapaian visi, misi dan kinerja PT Rekadaya Elektrika"

read more ...