Breakwater Tahap 2 & Seawall PLTU Pacitan

Breakwater Tahap 2 & Seawall PLTU Pacitan

Monday, 01 February 2021 {ref_title}

Breakwater merupakan suatu bangunan pelindung garis pantai yang bertujuan untuk meredam pecahan ombak, sehingga kapal penyuplai batu bara dapat berlabuh dengan aman saat melakukan bongkar muat.
Project breakwater tahap 2 dan seawall PLTU Pacitan yang kick-off pada 13 Desember 2019 ini, progress pengerjaannya sudah mencapai 41,74% dengan estimasi selesai pada 17 April 2021. 

Pada project breakwater tahap 2 ini, Rekadaya Elektrika menggunakan BPPT-Lock sebagai unit lapis lindung atau pemecah ombak, dimana secara struktur, BPPT-Lock diyakini lebih erat dalam penguncian material batu sesuai dengan design nya yang khusus seperti tanda plus.
Sehingga kekokohan dari ikatan antar unitnya dapat memecah/ menahan ombak lebih baik sampai pada level tertentu jika dibandingkan dengan menggunakan design Dolos atau bentuk yang lain.
Dengan kekuatan stabilitas hidrauliknya, BPPT-Lock dirancang untuk dapat menahan hempasan ombak hingga setinggi  7 meter.

Sama halnya seperti project-project Rekadaya yang lain, kendala teknis pun dihadapi oleh tim lapangan. Karena project ini terletak di pantai, sudah pasti gelombang tinggi kerap terjadi di area breakwater, sehingga menyebabkan area breakwater yang sudah selesai diperbaiki mulai tergerus lagi.

Untuk mengatasi kendala tersebut, yang dapat dilakukan oleh Rekadaya Elektrika adalah mempercepat produksi BPPT- Lock dan supply batu boulder, sehingga area yang tergerus dapat segera dilakukan penjahitan/ penyusunan ulang dan pemadatan agar tidak tergerus lagi. Tim di lapangan pun harus bekerja pada kondisi ombak yang tenang dan kecepatan angin aman, secara berkala setiap 1 jam.

news & update

SUTT 150 kV Kebon Sirih II (GIS) Incomer – Pulomas

SUTT 150 kV Kebon Sirih II (GIS) Incomer – Pulomas

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

PT Rekadaya Elektrika (RE) saat ini sedang berpacu untuk menyelesaikan satu pekerjaan milik PT PLN (Persero) yaitu, pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kebon Sirih… read more ...

GI 150 kV Kuala Pembuang

GI 150 kV Kuala Pembuang

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

Edisi kali ini REINSITE kembali menyambangi project Gardu Induk yang terletak di pulau Kalimantan yaitu GI 150 kV Kuala Pembuang, tepatnya di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan… read more ...

Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8)

Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8)

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

RE-INSITE edisi kali ini dengan bangga menyampaikan, bahwa salah satu project PT Rekadaya Elektrika yaitu pekerjaan Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8) telah rampung… read more ...