PERBAIKAN WEIR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI HIDRO (PLTMH) PRAFI 2 X 1,25 MW

PERBAIKAN WEIR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI HIDRO (PLTMH) PRAFI 2 X 1,25 MW

Thursday, 04 November 2021 {ref_title}

Kali ini REINSITE akan membahas mengenai salah satu jenis pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro atau biasa disingkat menjadi PLTMH yang menjadi salah satu project Rekadaya Elektrika yaitu PLTMH Prafi yang berkapasitas 2 x 1,25 MW. Project pembangkit listrik yang ramah lingkungan ini terletak di Provinsi paling timur di Indonesia yaitu Papua Barat tepatnya di Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari.

Rekadaya Elektrika mendapat tugas untuk melakukan pekerjaan perbaikan kerusakan pada Bendung (Weir) PLTMH Prafi yang mengalami kerusakan akibat banjir besar. PLTMH Prafi 2 X 1,25 MW mengalami kerusakan konstruksi Bendung hampir 80%, oleh karenanya, proyek ini menjadi prioritas bagi PLN UIP Maluku & Papua untuk diselesaikan perbaikannya meski di tengah pandemi Covid-19 ini.

Adapun lingkup pekerjaan yang dikerjakan oleh Rekadaya Elektrika terbagi ke dalam 2 tahap yaitu tahapan Pekerjaan Persiapan yaitu mulai dari pengalihan arus sungai melalui saluran pengelak, pembuatan cofferdam untuk membendung jika terjadi banjir di lokasi perbaikan sekaligus pengaliran sementara ke intake PLTMH dengan menggunakan pipa HDPE.

Kemudian selanjutnya memasuki tahapan Pekerjaan Konstruksi Perbaikan Weir PLTMH Prafi, yaitu mulai dari pekerjaan demolishing bendung eksisting, pekerjaan konstruksi beton cyclop, konstruksi apron dan tubuh bendung hingga pekerjaan konstruksi jembatan penyeberangan orang menuju intake PLTMH.

Sedikit kita mengulik tentang apa itu Weir dan perbedaannya dengan Dam. Bendung (Weir) merupakan sebuah konstruksi yang dibangun melintang melintasi aliran sungai yang berfungsi untuk mengubah karakteristik aliran air sungai atau menghalangi air sungai dengan tujuan agar permukaan air sungai tersebut naik sampai pada ketinggian Bendung tersebut, sehingga air sungai akan tetap mengalir meluap melewati bagian tertinggi dari atas Bendung. Bendung berguna untuk menaikan elevasi muka air agar dapat mengalir ke saluran irigasi, selain itu Bendung juga dapat berguna untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, serta memperlambat aliran air sungai ke hilir.

Sedangkan Bendungan (Dam) dibangun untuk menahan laju/menampung air menjadi suatu waduk atau danau serta bendungan dibangun di daerah yang dianggap memiliki elevasi permukaan yang mampu untuk dijadikan waduk. Selain itu, dalam hal konstruksi Bendungan (Dam) lebih besar daripada Bendung (Weir).

news & update

SUTT 150 kV Kebon Sirih II (GIS) Incomer – Pulomas

SUTT 150 kV Kebon Sirih II (GIS) Incomer – Pulomas

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

PT Rekadaya Elektrika (RE) saat ini sedang berpacu untuk menyelesaikan satu pekerjaan milik PT PLN (Persero) yaitu, pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kebon Sirih… read more ...

GI 150 kV Kuala Pembuang

GI 150 kV Kuala Pembuang

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

Edisi kali ini REINSITE kembali menyambangi project Gardu Induk yang terletak di pulau Kalimantan yaitu GI 150 kV Kuala Pembuang, tepatnya di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan… read more ...

Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8)

Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8)

Thursday, 04 November 2021 RE INSITE

RE-INSITE edisi kali ini dengan bangga menyampaikan, bahwa salah satu project PT Rekadaya Elektrika yaitu pekerjaan Transmission Line 500 kV Indramayu – Cibatu (Section 8) telah rampung… read more ...